Friday 20 March 2015

Candi Plaosan, Klaten, Jawa Tengah

Berangkat dari percakapan singkat di comment IG ku dengan salah seorang teman dekat semasa SMA, Ucuph, akhirnya kami berkunjung ke sini.

Explore Klaten Candi Plaosan
Temen udah kayak sodara

Candi Plaosan memang belum terlalu terkenal seperti candi-candi besar seperti Prambanan dan Borobudur.  Letaknya bersebelahan dengan Candi Prambanan, tepatnya sebelah timur laut candi Prambanan kira-kira berjarak 1 km, posisinya tidak terlihat dari jalan utama Jogja-Solo memang, tapi candi ini sangat layak dikunjungi. Rugi rasanya bila sudah berkunjung ke Candi Prambanan dan tidak mampir ke Candi Plaosan yang jauh lebih murah ini. Retribusi biaya masuknya juga “seikhlasnya”. Waktu itu saya kesana bersama 7 teman saya, dan di-charge “seikhlasnya” oleh penjaga loket, dan saat itu kami  membayar IDR 10.000 untuk 7 orang. Murah kan ?
Explore Klaten Candi Plaosan
girang

Candi Plaosan merupakan bukti sejarah yang didirikan pada masa kerajaan Mataram Kuno abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan. Komplek Candi Plaosan terbagi menjadi dua, yaitu komplek Candi Plaosan lor (: bahasa jawa, yang artinya utara) dan komplek Candi Plaosan Kidul (:bahasa jawa, yang artinya selatan).  Salah satu pakar yang menguatkan sejarah pembangunan Candi Plaosan  adalah De Casparis, yang berpegang pada isi dari prasasti Cri Kahulunan (842M). Dalam prasasti tersebut menyebutkan bahwa Candi Plaosan Lor dibangun oleh Ratu Sri Kahulunan dengan dukungan suaminya. Menurut De Casparis, Sri Kahulunan adalah gelar Pramodhawardani, Putri Raja Samarattungga dari Wangsa Syailendra. Sang putri yang memeluk agama Budha, menikah dengan Rakai Pikatan dari Wangsa Sanjaya yang beragama Hindu. Hingga arsitektur candi ini merupakan perpaduan Hindu Budha.

Explore Klaten Candi Plaosan
Hap Hap Hap

Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul dipisahkan oleh jalan, bagian Candi Plaosan Kidul saat itu masih berupa reruntuhan dan sedang dilakukan pemugaran. Namun untuk Candi Plaosan Lor berdiri gagah dengan rerumputan hijau nan indah beserta candi-candi kecil yang mengelilinginya.

Explore Klaten Candi Plaosan
Candi Kecil Mengelilingi Candi Utama
Yuk visit Klaten, dan cintai kearifan lokal ;)

No comments:

Post a Comment