Wednesday 1 March 2017

Vaksin HPV vaksin ca cervix

M : 'Dek, vaksin ca cervix gih'
N : *kemudian browsing dan rajin2 baca* 'tapi mahal' 
M :  'gapapa, aku bayarin. Buat investasi' 
N : aku mah kalau dipaksa gitu bisa apaaaa~

Sejak saat itu aku getol nyari info biaya vaksin ca cervix melalui internet. Benar saja harganya diatas 3.5juta semua.



Lalu tiba waktunya saat hari Kamis 23 Februari 2017, saat Wendy, rekan kerja ku, menelepon call center Rumah Sakit Premiere Bintaro melalui pesawat telepon yang ada di mejaku untuk menanyakan biaya medical check up sebagai keperluan pembuatan visa Australia. Aku menyimak pembicaraannya, kemudian setelahnya aku meminjam ganggang teleponnya saat masih tersambung, untuk sekedar menanyakan info tentang vaksin HPV. Sekalian ingin tanya biaya vaksin HPV atau vaksin ca cervix di rumah sakit tersebut. Rezeki banget karena ternyata pas lagi ada promo. Dibandrol dengan harga IDR 2,400,000,- untuk tiga kali suntik, dan masa promo cuma sampai tgl 28 Februari. Yaa Allah rasanya rezeki memang tak kemana.
Padahal harga normal vaksin HPV itu kisaran 3,5jt an. Itu baru biaya vaksinnya doang, belum jasa dokter yang nyuntik. Lah ini ada promo hari ibu dari tanggal 22 Desember 2016 -  28 Februari 2017 senilai 2,4jt buat vaksin dan udah termasuk biaya dokternya. Alhamdulillah. 

Pas saat itu, hari Sabtu 25 Februari 2017 langsung kesana. Dilayani dengan sangat baik, dan pertanyaan2 dijawab dengan sangat sopan oleh dokter yang mau nyuntik vaksin HPV. 

Vaksin HPV atau vaksin ca cervix ini penting dilakukan oleh wanita untuk mencegah terjadinya kanker cervix. Dan vaksin ini terdiri dari 2 jenis, yaitu vaksin Cervarix dan vaksin gardasil. Umumnya vaksin Cervarik digunakan untuk mencegah kanker serviks dan pra Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum sebagai penyebab kanker. Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita. Jenis kedua yaitu Gardasil. Digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin.

Dokter Grace,  dokter yang menyuntikkan vaksin HPV ke lenganku menjelaskan dengan sangat baik, ia juga memaparkan efek samping yang mungkin akan timbul adalah nyeri di bagian bekas suntikan, pegal atau pusing. Lalu aku menanyakan juga tentang rumor yang beredar apakah vaksin HPV dapat menyebabkan menopause dini, karena aku pernah iseng baca bahwa vaksin ini menyebabkan menopause dini. Dokter Grace menjelaskan lagi dengan sabar kepada orang awam macam saya. Dengan tegas ia menjawab 'enggak, kalau bikin menopause ga bakal beredar di masyarakat. Saya juga udah vaksin HPV. Saya juga punya anak, mbak'. Syukurlah, jawabannya membuat saya lega. 

FYI, vaksin ini dilakukan sebelum menikah untuk para gadis. Dilakukan sebelum melakukan hubungan seksual. Dan vaksin ini dilakukan bertahap sebanyak 3x suntik. Suntikan pertama dilakukan di bulan ke-0. Suntikan kedua di bulan ke-2. Dan suntikan ke-3 di bulan ke-6. Jenis vaksin yang disediakan oleh rumah sakit premiere saat promo ini adalah vaksin ca cervix jenis gardasil. 

Untuk para buibu yang udah menikah dan ingin melakukan vaksin, masih bisa juga. Dengan cara melakukan tes pap smear terlebih dahulu. Setelah hasil pap smear keluar baru deh vaksin. Dokter Grace, yang menyuntikkan vaksin HPV ke lenganku pun bilang bahwa perlakuan untuk gadis dan buibu akan berbeda. Untuk buibu yang udah melakukan hubungan seksual, namanya bukan vaksin lagi. Tp perlakuan yang diberikan adalah terapi. 

Untuk promo kali ini pun berlaku untuk semua wanita dengan harga yang sama, baik yang masih gadis maupun yang udah buibu. Syarat yg masih gadis mah tinggal dateng aja, daftar. Suntik. Selesai. Saya juga tinggal dateng, daftar, antri sebentar, tes suhu badan, berat badan dan tinggi badan, suntik. Selesai. 

Namun untuk buibu, harus membawa hasil pap smear 3 bulan terakhir yang menunjukkan bahwa hasilnya normal. Kemudian daftar. Suntik. Selesai. 

Biaya 2.4 juta untuk 3x suntik dibayar diawal. Jadi nanti untuk suntik ke-2 dan ke-3 tinggal dateng aja. Ada juga promo 1x vaksin senilai 825.000,-, untuk suntik pertama saja. Namun nanti suntik kedua dan ketiga harga normal. Kisaran 1.2jt untuk sekali suntik vaksin, belum termasuk biaya dokter. Jadi terserah mau pilih promo yang mana :) 

Sebelum nikah memang baiknya melakukan vaksin ini, karena merupakan investasi jangka panjang untuk para wanita.

Terimakasih Rumah Sakit Premiere Bintaro yang sudah memberikan diskon vaksin kepada wanita-wanita di Indonesia :D Sampai jumpa lagi di vaksin HPV tahap kedua nanti di bulan April :) 

N : 'Mas, alhamdulillah ga ada efek samping pegel, nyeri atau pusing pasca vaksin' 
M : 'YAIYALAH, LHA WONG HABIS VAKSIN LANGSUNG BELANJA' 
N : wqwqwq

PS : Saran saya, kalau mau vaksin carilah momen2 peringatan hari wanita. Karena beberapa rumah sakit menyediakan diskon dan promo untuk membahagiakan wanita-wanita yang sedang menapaki pribumi ;) misal pas hari Ibu 22 Desember, hari Kartini 21 April, dll. 

Semoga bermanfaat. 
Tabik! 

No comments:

Post a Comment