Saturday 20 September 2014

Telaga Warna, Telaga Pengilon, Dieng Wonosobo Jawa Tengah Indonesia

Wonosobo memang terkenal dengan keindahan alamnya, bahkan saking eloknya ada sebuah buku yang mengupas dan menyebutkan bahwa Wonosobo adalah Negri Saba yang diceritakann sebagai negri makmur yang kaya.

Keindahannya memang tak perlu dipertanyakan lagi, selain Gunung Prau, di sini ada Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan banyak potensi alam lainnya. Telaga warna, kawah sikidang, candi Arjuna dan masih banyak candi-candi lain di sini. Dataran tinggi Dieng yang terletak di dua daerah antara Wonosobo dan Banjarnegara ini juga memanjakan para pemuja kuliner dengan berbagai olahan dan hasil alamnya. Salah satunya adalah mie Ongklok. 



Yang istimewa dari mie ongklok ini adalah kuahnya, kuah yang terdiri dari campuran air dan tepung tapioca ini disajikan hangat-hangat. Kuahnya kental dan lezat, anehnya ketika sudah dingin kuahnya justru lebih cair. Padahal cairan tepung tapioca sewajarnya akan mengental ketika suhu cairan mulai dingin.

Untuk menuju kawasan Telaga Warna ini bisa diakses dengan kendaraan umum, mini bus dari Terminal Wonosobo bisa langsung sampe di dekat Telaga Warna. Ketika memasuki kawasan wisata alam telaga warna ini, kita sekaligus mengunjungi berbagai obyek wisata karena didalamnya terdapat berbagai goa dan 2 jenis telaga.

Telaga warna. Disebut telaga warna karena memang telaga ini memiliki warna yang khas, biru tenang dan perpaduan coklat. Ketika masuk di kawasan telaga warna ini, cukup dengan membayar kontribusi satu kali, kita sudah bisa menikmati beberapa obyek. Berikut deskripsinya. Chekidot !

Gerbang depan obyek Wisata Telaga Warna

Peta Obyek Wisata


Dari hasil pengamatan, pohon-pohon yang nyaris tumbang di tepi telaga selalu mengarah ke arah air telaga warana.


Tempat melarutkan rambut gimbal pasca dipotong yang masih menjadi tradisi di Dieng

Telaga Pengilon, Dieng Wonosobo

 Batu Tulis, Dieng, Wonosobo

Pesona Batu Alam, Dieng, Wonosobo

Akses Goa Pengantin

Goa Jaran

Legenda dan Sejarah Goa Jaran

Goa Sumur

Legenda dan sejarah Goa Sumur

Rumput Wlingi Deergrass yang banyak tumbuh di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Sejarah Rumput Wlingi Deergrass

Pohon Lengkung, Like this tree

Tentang pertemanan kami, terimakasih mas Yoyok dan mas Bin. 2 orang luar biasa yang tidak dapat dideskripsikan kebaikannya. dan sampai sekarang kita masih berhubungan baik :)









No comments:

Post a Comment