Monday 12 May 2014

Bersepeda, Solo-Tulung

May, 10th 2014
Hari ini NU (Numpang Urip) ditempat mantan. Iya mantan. Mantan kos-kosan :/ paginya nyari sarapan sama Makna (pake KKKK) berencana mau makan ketoprak belakang kampus UNS, kita bersepeda kesana, dan ternyata abang ketopraknya ga jualan. Akhirnya kita mengarah ke tahu kupat dekat lampu merah. Baru sesuap dua suap, gerobak ketopraknya lewat dengan gagahnya. Hyakdes, padahal udah ngidam banget pengen ketoprak. Oke baiklah belum rejeki L
Sepulang sarapan segeralah berkemas, merapikan baju bekal NU dan meninggalkan beberapa buku yang sekiranya memberatkan ketika digendong. Oke, perjalanan panjang akan segera dimulai. Action dulu sebelum mulai nggenjot perjalanan menuju ke barat. Badan fit, baju udah nyaman dan botol udah diisi penuh. Bismillah, berangkat dan semoga sampai dengan selamat.
Jadi begini ceritanya, bersepeda dari kos belakang UNS menuju rumah. Jarak ini berkisar 60 km. jika ditempuh dengan kecepatan normal kisaran 60km/jam bisa memakan waktu 1 jam dengan mengendarai kendaraan bermotor. Namun hari ini agaknya lain, karena kendaraan yang ditunggangi juga lain.

Berangkat dari kos sekitar pukul 08.45 dan perjalanan lancar. Gowes gowes santai, paling suka ketika sampai di tikungan pedaringan, semiliiiiiir karena jalanan berbelok dan turun. Jadi berasa imbang sama kecepatan pengedara sepeda motor, terlebih diiringi teriakan kecil ku. Bahagiaaaaaaahaha.
Gowes gowes sampai juga di terminal tirtonadi. Haha, cacat deh ini. masih kuat perkasa lho sampai sini. Akhirnya sampai di Lampu merah arah Sumber, berhenti sejenak. Sekitar 20 menit berhenti disini, lanjut gowes maning son !
Manahan lewat, kemudian kearah Colomadu melewati solopos, atmi, DPRD Solo daaaan taram perempatan colomadu. Di perjalanan ini masih lancar jaya mulus, malah sempet balapan sama bapak tukang becak. gile, bapaknya kuat banget. Ngayuhnya kaya yang ga mau kalah gitu, nah yang disini tambah ga mau kalah lah, dan terjadilah salip-salipan sama Bapak tukang becak. Haha. akhirnya kita berpisah di pertigaan sepanjang jalan ini, dan see you Bapak :D banyak suara klakson yang nyaring banget, klan klin klan klin dikira budeg apa ya ? orang bego juga tau kalo lampu ijo bakalan jalan ! sabar woi sabar !
Beberapa kali menemui pengendara sepeda lain. tak ku bayangkan, kalau tiap hari begini. Bisa beneran kurus habis deh ! :D
Lanjut sampai juga di asrama Lanud Adi Soemarmo, akhirnya memutuskan berhenti dan membeli minuman berisotonik di Alfamart Lanud Adi Soemarmo. Hyeees, pas turun dari sepeda ini sensasinya ajib banget, serius. Bokong kok panas panas sengkring-sengkring gitu ya buat jalan. Naik sepeda ini ga turun sama sekali kecuali pas istirahat, rasanya ada yang aneh dipantat. Untung aja pantatnya ga ketinggalan, masih nempel. Saking tipisnya barangkali aja ketlisut :/ cleguk cleguk nikmat banget. Alhamdulillah.

Sejenak ngeliat sepeda biru berkeranjang unyu itu, untung ada pengatur geriginya, kalo ga ada ya bisa pingsan lah. Ah, aku bahagia bisa sampai disini. Yuk semangat gowes lagi, semangat pulang.

Panas terik, ah apalah, toh lihat saja jalanan masih ramai begini meskipun panas menyengat. Semua punya urusan masing-masing. Semua punya keperluan masing-masing. Siapa yang mau peduli dan benar-benar peduli dengan urusan orang lain ? persetan lah, aku sedang menikmati perjalananku. Tapi masih tak bisa lepas dalam sebatas mengamati hmmm.
Pantat terasa sudah terpasang lagi di tempat yang semestinya, udah enak diajak gerak, yuk lanjut semangatnya. Gowes lagi, biasanya kalau naik dek Gun dijalanan ini lihai banget ngindarin lubang-lubang jalanan. Gerak kiri gerak kanan cepet dan ga ada rasa cemas, lah ini sekarang boro-boro mau ngindarin lubang, jalan agak nengah aja klakson udah klan klin klan klin. Jalan udah dipinggir aja masih dipepet ama bus antar kota yang super eksekutip itu, kaget banget pas ini, rasanya maksiiiiiir.
Betapa sabarnya pengumpul pundi-pundi rupiah yang mengandalkan betis dan nyali setiap menyusuri jalan seperti ini. oke, akhirnya sampai lagi di check point berikutnya. Pertigaan jalan raya Solo-Semarang. Yeaaay. Dalam otakku terpikir step-step yang harus dilalui, dan saya selalu memikirkan check point terdekat biar lebih semangat. Tidak berhenti istirahat dipertigaan ini, lanjut terus ke arah Semarang, dan sampailah dengan selamat sentosa di Jalan Raya Solo-Semarang KM 17, yah alfamart maning son. Numpang duduk sama photo dulu dah disini, istirahat bentar, 15 menit cukup dan lanjuuuut lagi. Jalanan disini nanjak haha, walopun terlihat datar, ternyata naik bro L genjot terus, kayuh terus :D

Di perjalanan ini balapan sama apa coba ? sama kuda ! L yaiyalah kalah L tapi gapapa, kendaraan tradisional yang orang jawa bilang sebagai dokar ini masih berkeliaran di area Boyolali, rasanya pengen banget ngulurin tangan ke Bapak pengemudinya sambil bilang “tolong saya pak, toloooong Pak” duh duh tulungono haha. Akhirya dokarnya melaju di depanku, lumayan banget nutupin pandangan ku saat melihat arah depan. Gile ndrooo, kalo liat ke depan adanya jalanan luruuuus panjang banget, berasa ga ada ujungnya. Gara-gara ada dokar di depan, jadi berasa lebih ayem :D
Aah, sampai di sini udah mulai lemesnya. Udah berapa kilo ini tadi, masih kurang berapa kilo. Haha. oke istirahat dibawah pohon rindang, sekedar ngirup udara  bawah pohon. Sesak didada. Lanjut lagi, tapi belum juga jauh, aduh lemes lagi ndroooo. Oke bawah pohon rindang maning son. Hirup hirup hirup hembuskan. Mulai ga nyaman sama rasa agak sesak ini. udah enakan, lanjut lagi. Haha liat jalan panjang lagi, oke panjaaaaaaang sekali :3

Dan tibalah di check point berikutnya, Alfamart Teras Boyolali, beli mijon mijon lagi buat nambah ion tubuh, sama coklat lah, enakan buat nahan laper. Duduk dulu, habisin dulu coklatnya, minum. Lanjut lagi. Kali ini belok kiri, lewat pabrik-pabrik textile. Sawaaah, panaaaaas, genjot genjot nyanyi nyanyi. Nah disini nih ada yang agak reseee, banyak orang-orang aneh ! pengen nglemparin sepatu, tapi tahan tahan, kalo udah mulai capek dan laper sukanya emosi L
Yeaaay, check point berikutnya, pertigaan sepet, disini ga berhenti, tetep lanjut gowes belok kiri arah Jatinom. Enak nih jalanan disini, BONUS ! ga nanjak lagi, meskipun begitu tetep harus ngayuh, harus tetap bergerak, menjaga keseimbangan agar sepeda tetap melaju. Sampai di Alfamart Tulung rasanya bahagia bangeeet. Berhenti mampir dulu, karena kemarin sebelum berangkat ke Solo keponakan udah pesen minta dibeliin jajanan, ibuku juga pesen dibeliin shampoo sabun mandi sama pasta gigi. Oke baiklah, pilih Alfamart yang udah deketan biar bawanya enteng :D lanjut lagi, sampai Tugu Lilin, duh bahagia banget. :D
Akhirnya memutuskan jalan tengah sawah (jalan yang dulu seringkali dilewatin waktu kecil, sekedar main, sepedaan, berangkat dan pulang TPA) ada jalan setapak yang dulu penuh nyali dan berani disusuri dengan roda sepeda, ingin mengulang hal itu, tapi baru sampai beberapa putaran roda, aku memutuskan untuk berhenti dan mengangkat sepedaku. Diangkat ke jalan besar lagi. Oh, nyali ku tak seperti jaman kecil dulu ternyata L
Lanjut lagi, dan sampailah dengan selamat sentosa di rumah tepat pukul 14.00, bahagia tiada tara. Bukan main :D Banyak sekali pelajaran dari perjalanan hari ini. yah, Ibu mana yang ga shock liat anak perempuannya sepedaan dari Solo, but I’m okay Mom J
Lesson:
1. Untuk mencapai sesuatu, kita harus berusaha, meskipun sedikit demi sedikit, harus tetap dijalani. Yakin usaha sampai J
 2. Dalam menghdapi segala sesuatu harus sabar, sabar, sabar, semeleh dan tidak perlu grusa grusu, kalau lelah istirahatlah sejenak dan segera bangkit lagi. Bergerak lagi.
3. Utamakan penyeberang jalan, pejalan kaki dan pengguna sepeda, tukang becak atau semacam kendaraan yang tidak bermotor yang memerlukan tenaga manusia. Esok kalau naik kendaraan bermesin lagi jangan sombong dan emosian, sabar ! masa naik kendaraan yang tinggal ngegas, istilahnya ga perlu kehilangan Tenaga buat ngayuh aja ga mau ngalah sama yang berkeringat. Malu dong !
4. Jika perjalanan atau impianmu itu terasa jauh, maka bergeraklah, sedikit demi sedikit. Karena diam tidak akan membawa mu ke tempat tujuan. Harus berjuang ! bikin check point nya, bikin semacam mind map nya, biar perjalanan kita terarah dan ada motivasi pencapaiannya :D
5. Hidup itu seperti naik sepeda. Agar tetap seimbang, kau harus tetap bergerak (ALBERT EINSTEIN).