Tuesday 23 September 2014

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang terletak di dataran tinggi Dieng, Banjarnegara. Seperti yang pernah saya ceritakan bahwa dataran tinggi Dieng ini dimiliki oleh 2 kabupaten, yakni Wonosobo dan Banjarnegara. Sementara Kawah Sikidang merupakan daerah bagian dari kabupaten Banjarnegara.

Letak geografisnya memang sangat dekat dengan posisi Telaga warna dan candi-candi di daerah Dieng, jadi untuk menuju obyek wisata ini bisa dilakukan dengan berjalan kaki.
Benar-benar pejalan :|


Kisah Sejarah dan Legenda Kawah Sikidang dimulai dari seorang putri yang cantik jelita di dataran tinggi Dieng, Putri Shinta Dewi. Konon kecantikannya menarik perhatian dan kekaguman bagi siapapun yang melihatnya. Ia berkeinginan untuk menikah dengan lelaki tampan yang kaya raya, hingga ia pun mengajukan syarat kepada siapapun lelaki yang ingin melamarnya, bahwa lelaki tersebut harus memberinya mahar dengan jumlah yang sangat banyak.

Hingga suatu ketika kabar ini didengar oleh seorang pangeran, Pangeran Kidang Garungan. Konon ia adalah seorang pangeran yang sangat kaya raya, dan akhirnya ia mengutus prajuritnya untuk menyampaikan pesan kepada putri Shinta Dewi dan menyanggupi keinginan sang putri, berapapun jumlah mahar yang ia inginkan.

Sang putri bahagia dan menerima pinangan Pangeran Kidang Garungan. Hari berikutnya pangeran dan rombongan datang ke istana Putri Shinta Dewi untuk melanjutkan prosesi yang lebih sakral. Namun pada saat itu pula putri Shinta Dewi dengan segala macam upacara penyambutannya mulai terkejut dengan rupa pangeran Kidang Garungan yang tidak sesuai imajinasinya. Ia pikir Pangeran Garungan adalah pangeran tampan kaya raya yang rupawan, karena biasanya orang kaya terlahir dengan wajah tampan, pikirnya. Tapi ternyata tidak semua kenyataan demikian, Putri Shinta Dewi terkejut karena ternyata Pangeran Kidang adalah makhluk berbadan manusia namun berkepala kidang (:jenis hewan). Pada saat itu putri Shinta Dewi kecewa dan akhirnya mencari cara  agar pernikahannya tidak berlangsung, hingga dia member 1 syarat lagi kepada pangeran Kidang Garungan, yakni sang Pangeran harus membuatkan sumur yang super besar untuk tuan putri dan warga kampung setempat karena  pada saat itu tidak ada sumber air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dan harus diselesaikan dalam waktu sehari tanpa bantuan siapapun.

Singkat cerita Pangeran Kidang Garungan memang sakti, dalam nyaris sehari ia hampir berhasil. Namun sang putri licik dan ketakutan jika sampai pangeran menyelesaikan sumur tersebut. Akhirnya sang Putri Shinta Dewi menyuruh para ajudannya untuk menimbun sumur tersebut. Dan sang pangeran mulai menyadari bahwa ia mulai ditimbun, karena banyak tanah berjatuhan dari atas mengenai tubuhnya. Pangeran segera mengeluarkan aji-aji dan kekuatannya untuk bisa melawan dan keluar dari timbunan sumur tersebut, namun takdir berkata lain. Ia tetap terkubur dan tewas. Sumur yang dibuat ini kemudian meledak-ledak dan dikenal dengan nama kawah Sikidang.
Begitulah legenda cerita kawah Sikidang. Terlepas benar atau tidaknya, selayaknya tempat ini memang sangat cocok untuk menjadi tempat penelitian karena begitu banyak potensi alam yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar. Bagi para peneliti, ini adalah laboratorim yang sangat luar biasa untuk dikembangkan.

Kawah Sikidang Mengeluarkan Asap dan Belerang

Selain terdapat kawah yang mengeluarkan bau belerang dan asap, disini juga terdapat bukit-bukit yang menjulang dan berbagai tanaman yang menambah kecantikan panorama alam. 

Bukit Menjulang di Kawah Sikidang

Berbagai Tanaman Mempercantik Tempat ini

Masker, Senjata Utama Berkunjung ke Kawah Sikidang

Namun ketika berencana kesini, jangan lupa berbekal masker karena bau belerangnya memang sangat menyengat. Jangan khawatir, di sini banyak penjual masker yang berlari mendatangi pengunjung setiba di pelataran kawah sikidang. Bahkan ketika itu, di tepi jalan sebelum tiba di kawah juga sudah banyak yang menawarkan masker J


Mini Jembatan

Rumput Bebas Tumbuh di sini


Di kawah sikidangpun terdapat fotografer handal yang bisa memoto kita dengan property yang lengkap. Biayanya ? tergantung ukuran foto yang akan dicetak, mulai dari 15.000,- nah ini salah satu hasil jepretan mereka :)

Photo Session

Tak heran jika potensi alam di Dieng menjadi obyek wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, karena memang sangat luar biasa. Yah, Dieng memang indah J


Pelajaran moral dari legenda Kawah Sikidang : 
Syarat yang diberikan sebagai mahar menunjukkan kualitas diri Putri Shinta Dewi. Alangkah baiknya jika kita mengenal atau setidaknya bertemu terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk menerima pinangan seseorang, bukan hanya dilihat dari harta yang sanggup ia berikan.
Teguh dan berkomitmen, jika memang syarat yang diajukan sudah bisa diselesaikan maka kita harus berani mengambil resiko dan mempertanggungjawabkan atas apa yang telah menjadi kesepakatan. fairplay.




No comments:

Post a Comment