Wednesday 18 July 2012

Ramadhan 1433 H, 2 hari lagi


Alhamdulillah, 2 hari lagi Ramadhan datang. Tulisan ini saya tulis karena saya merasa begitu kental dengan aura Ramadhan tahun ini. Bukan karena trend menyambut Ramadhan, tapi ada rasa “sesuatu” di sini. Entahlah, saya ingin segera menyambutnya. Menuggu bulan nan suci ini, semoga masih dipertemukan dengan tingkat keimanan yang lebih.
Merenung dari Ramadhan2 kemarin, kali ini Ramadhan pertama yang akan saya lewati tidak dengan orang tua saya, yah, karena kewajiban seorang mahasiswa. Dari Juli-Agustus saya menetap di Tangerang untuk melaksanakan tugas magang di LIPI, Lebih tepatnya di Pusat Penelitian Fisika (P2F).
Semoga tulisan ini bermanfaat, tentang makna bulan Ramadhan yang sungguh dahsyat. J
Keagungan bulan nan suci ini benar-benar diikuti dengan kebaikan oleh umat. J
Sekedar share dari pengamatan saya saja ini, hehe
Pertama, kegiatan TPA (ngaji) di sore hari di desa ku yang biasa dilakukan 3 kali dalam seminggu dalam bulan-bulan biasa, selalu diadakan rutin setiap harinya di bulan nan suci ini. Kemudian masyarakat desa ku berbondong-bondong datang ke masjid dan menyediakan ta’jil. J saya menilai positif dari perubahan ini, setidaknya Allah menunjukkan betapa Ramadhan membawa kebaikan kepada umat. Meskipun sebelumnya jama’ah yang datang ke masjid tidak sebanyak di bulan Ramadhan, ini artinya di bulan Ramadhan ada sesuatu yang “special”.
Di sisi lain, miris dengan tayangan televisi yang semakin hari beberapa stasiun televise menayangkan siaran yang tidak mendidik bagi anak-anak, dengan datangnya bulan Ramadhan ini, banyak para artis mengubah penampilan mereka menjadi lebih sopan, yah meskipun bisa dibilang “musiman” tapi lagi-lagi Ramadhan menunjukkan bahwa bulan ini memang membawa pengaruh yang positif sehingga banyak orang yang menuju kea rah yang lebih baik. J
Dari sudut pandang yang berbeda, di hari-hari biasa, minum seteguk air putih atau teh hangat rasanya biasa saja, namun ketika berbuka, tegukan itu terasa begitu nikmat. J dan masih banyak lagi, Allah menebarkan begitu banyak kebaikanNya di bulan ini, melipat gandakan pahala dan betapa orang berlari-lari untuk mengerjakan suatu kebaikan. Subhanallah, dahsyatnya Ramdhan, semoga Indonesia benar2 merdeka di hari nan Fitri nanti. J

No comments:

Post a Comment